Senin, 28 Februari 2011

Taktik2 dari Strategi Motivasi Karyawan 1

Memotivasi karyawan diperlukan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dalam aktivitas bisnisnya. Bagaimanakah tehnik motivasi karyawan yang paling efektif? Selain, dengan sistem remunerasi/gaji yang adil dan mencukupi, perusahaan perlu beberapa taktik dalam strategi meningkatkan motivasi karyawan seperti:

Pertama, karyawan perlu diingatkan secara rutin perannya dalam berkontribusi terhadap perusahaan. Seperti seberapa pentingnya fungsi yang dipegang oleh masing-masing karyawan. Hal ini diperlukan untuk membuat karyawan merasakan ikatan moral dengan perusahaan. Karyawan juga perlu diberikan gambaran akan tantangan yang mungkin dihadapi di masa yang akan datang sehingga lebih siap dan memiliki rencana untuk mengantisipasi segala hambatan di dalam pekerjaannya. Rasa antisipasi inilah yang akan memacu semangat para karyawan agar terus rajin dalam bekerja dan meraih target.

Selanjutnya, strategi motivasi karyawan yang telah teruji dan terbukti adalah meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan di antara karyawan; khususnya lagi pada hubungan antara atasan dan bawahan. Memperlakukan karyawan secara manusiawi daripada menganggapnya aset seperti mesin atau robot supaya karyawan memiliki ikatan emosional dan tidak mudah pindah perusahaan. Mayoritas kepindahan karyawan disebabkan oleh hubungan yang tidak harmonis di tempat kerja, biasanya berasal dari perilaku atasan yang kurang disukai bawahan. Maka, perusahaan mesti menerapkan budaya perusahaan yang profesional namun memiliki sifat sosial seperti toleransi dan keakraban bersama.

Dan yang ketiga dalam artikel ini (bukan taktik terakhir dari seri strategi motivasi karyawan) adalah: memberikan insentif berupa komisi atau bonus yangrutin/berkala dan bisa juga disesuaikan dengan prestasi dari masing-masing karyawan. Para karyawan akan lebih termotivasi dengan niat memperoleh kompensasi tambahan ini dan bonus semacam ini bisa menciptakan persaingan yang sehat antar karyawan. Perusahaan tidak boleh pelit dalam memberikan imbalan tambahan ini/bonus (walaupun bonus yang diberikan berjumlah sangat sedikit sebagai contohnya). Para karyawan akan semakin termotivasi, khususnya bagi mereka yang sedang berkeluarga. Bonus akan meningkatkan motivasi karyawan yang ingin mendapatkannya.

Demikianlah sebagian taktik dari strategi motivasi karyawan yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan produktivitas perusahaan; penguat mental/inisiatif, penanaman budaya tim, dan penghargaan berupa bonus. Masih ada beberapa taktik psikologis untuk meningkatkan motivasi karyawan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi saya: Reza Wahyu di nomer telpon 087878105050 atau email ke: brandneweja@gmail.com untuk mengadakan workshop internal, seminar privat, business coaching, atau inhouse training untuk para karyawan perusahaan dan eksekutif. Hubungi sekarang! Sekali lagi kontak:

Info: 0878105050 (handphone) & brandneweja@gmail.com (email)