Minggu, 27 Februari 2011

Motivasi Karyawan

Motivasi karyawan adalah hal yang penting karena karyawan yang termotivasi akan mendorong produktivitas. Dan kemajuan perusahaan ditentukan oleh tingkat produktivitas karyawannya. Produktivitas yang tinggi dihasilkan dari motivasi yang sejati, yang lebih menjurus kepada motivasi internal daripada motivasi yang bersifat eksternal. Namun tantangannya adalah bagaimana perusahaan memicu motivasi yang berasal dari dalam diri karyawan itu sendiri sehingga motivasi itu bersifat internal.

Sulitnya, banyak perusahaan mengandalkan jenis motivasi ekternal saja. Motivasi eksternal ini bisa berupa; gaji yang besar, bonus yang tinggi, komisi yang menarik, tunjangan, dsb. Dilemanya adalah, semakin produktif karyawan, dia semakin mengejar insentif eksternal ini bahkan hingga ke perusahaan lain. Sehingga loyalitas berkurang dan tingkat kepindahan karyawan yang produktif menjadi merugikan perusahaan. Di era persaingan ini, selain bersaing di pasar untuk hasil produksi perusahaan, perusahaan harus mampu juga berinovasi dalam menciptakan motivasi karyawan khususnya secara internal agar unggul bersaing di dalam pasar tenaga kerjanya atau sumber daya manusia. Perusahaan harus mampu menyediakan nilai lebih bagi karyawannya yang bekerja di dalam perusahaan sehingga termotivasi untuk terus menjadi karyawan yang produktif.

Saya akan memaparkan secara sekilas beberapa poin kunci dalam strategi meningkatkan motivasi karyawan agar produktif, namun untuk paparan jelasnya; perusahaan Anda bisa mengundang saya untuk menerangkan lebih komprehensif dan secara praktis. Anda bisa menghubungi saya di nomer telpon: 087878105050 dan email di: brandneweja@gmail.com untuk in-house training, workshop/seminar, dan business coaching. Berikut beberapa poin kunci dari strategi meningkatkan motivasi karyawan agar produktivitas tinggi:

identifikasi dan analisa proses bisnis perusahaan Anda yang paling kritis/penting. Cari dan pelajari departemen-departemen di dalam perusahaan yang menjadi 'nyawa' perusahaan. Berikan perhatian lebih sebagai proyek pionir untuk teladan departemen yang lainnya. Siapkan rencana pemberian penghargaan yang bersifat imateri untuk pencapaian beberapa karyawan yang berprestasi yang bisa berupa: pengakuan secara seremonial dan publik, pemberian pelatihan dan pendidikan khusus bagi yang berprestasi, program beasiswa dan kursus, penghargaan dari para direksi secara langsung, serta bimbingan belajar untuk pengembangan dan pertumbuhan ilmu pengetahuan/wawasan dari para karyawan. Dan sebagainya.

Inilah beberapa ide untuk memicu motivasi karyawan secara internal. Masih banyak ide lainnya yang disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan dari masing-masing karyawan secara spesifik. Dan pada intinya adalah; membuat karyawan merasa hutang budi (bukan materi), terhadap perusahaan, sehingga dia akan loyal dan tahan godaan iming-iming materi dari perusahaan lainnya. Tentu saja, dengan syarat materi awal telah terpenuhi; sistem remunerasi dan penilaian yang adil sesuai harapan para karyawan. Jika seorang karyawan sudah merasa cukup puas dan merasa kinerja serta keahliannya dinilai secara pas, maka tambahan insentif secara internal akan memicu motivasi dan loyalitas karyawan ybs.

Sekian dulu, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Dan jika ada pertanyaan, informasi yang kurang jelas, serta ingin mengundang saya sebagai pembicara, pelatih, dll. Anda dapat menghubungi saya di nomer 087878105050 dan mengotak saya di email: brandneweja@gmail.com

Join saya di twitter: @rezawismail
Serta facebook di: brandneweja@yahoo.com

Salam Sejahtera Semua!!!